26 Des 2011

Alhamdulillah Akhirnya Kelar Sudah Oprak Oprek Blog Ini

Banyak tips dan trik blogging serta tutorial blogging yang dibagikan dalam posting sahabat blogger dalam bentuk tutorial. Indahnya blogging memang benar-benar terasa, selain berlatih menulis dengan semampunya, bisa mendapatkan keberuntungan dech secara material kalau kita pas lagi beruntung dengan belajar dan berusaha dengan usaha di bidang online, yang mungkin dapat kita menjadi lebih semangat untuk melakukan kegiatan yang dinamakan blogging.

Yups, tapi kalau kita terlalu fokus dengan namanya duit online (pengalaman pribadi) malah sering terjadi hal kehilangan mood, malas blog, malas nulis, malas blog walking (Faktor penghasilan menjadi penyebab). Lho bahasannya pada kemana ini, melenceng dan melenceng jauh (he.. he. he.. kebiasaan sih). Sebetulnya malas menulis, mati ide atau istilah lainnya kalau kita mau belajar dan mengikuti tips dan trik para sesepuh blogger yang sudah kita kenal, tak lain dan tak bukan adalah komandan blogcamp dan penguasa metaMARSphose

Betul-betul jauh melenceng dan sangat jauh entah kemana yang saya tulis ini. Sebetulnya sih mau posting kegiatan blogging seputar blog ini, eh malah entah kemana-mana arah postingnya. Begitulah blogger tanpa konsep yang menulis asal nulis tanpa arah yang jelas.

Sejak semalam memang belajar oprak oprek blog ini. Salah satunya memodifikasi kotak komentar. Hal ini karena sebuah pesan pada facebook yang meminta untuk mempergunakan komentar popup dengan alasan koneksi yang tidak dapat membuka profil komentar (pengalaman serupa pernah terjadi).

Mencari-cari tutorial tentang menambah tombol reply pada blogspot melihat dari kotak komentar sahabat yang terbuka pada komentar klassik dengan tombol tersebut. Tutorial ditemukan, tapi malah kok tidak bisa difungsikan dengan baik. Kotak komentar menjadi berantakan, untung theme tidak lupa backup terlebih dahulu. Sedikit mofikasi dengan tutorial yang saya temukan, akhirnya tombol reply terpasang pada komentar blog ini.

Sebagai rekam kegiatan seputar tombol reply pada blogspot saya catat dech pada posting ini sebelum tertutup dan diakhiri. Berikut ini kodenya
<a expr:href='"https://www.blogger.com/comment.g?blogID=19 DIGIT ID BLOG ANDA&postID=" + data:post.id + "&isPopup=true&postBody=%40%3C%61%20%68%72%65%66%3D%22%23" + data:comment.anchorName + "%22%3E" + data:comment.author + "%3C%2F%61%3E#form"' onclick='javascript:window.open(this.href, "bloggerPopup", "toolbar=0,location=0,statusbar=1,menubar=0,scrollbars=yes,width=450,height=450"); return false;'><small>Reply comment</small></a>

Teks yang tercetak tebal berwarna biru merupakan ID blog, termukan dari url pada pengaturan blog kita

Itu kodenya, terus penempatannya di mana ya?
Pada Edit HTML klik expand widget dan temukan kode <data:commentPostedByMsg/>
dan letakkan kode reply setelah kode <data:commentPostedByMsg/>
Simpan template dan lihat hasilnya.

Setelah muter-muter akhirnya bisa juga blog ini memasang tombol tersebut, ada dua jenis kotak komentar pada blog ini, komentar klassik dengan klik teks reply comments, yang bisa langsung terbuka langsung tinggalkan komentar pada kotak komentar di bawah posting, tanpa terbuka popup.

Untuk oprek yang lain dengan komentar admin yang lebih masuk dan tercetak tebal, saya share pada posting mendatang dech Insya Allah, semoga masih diberikan kesehatan dan kesempatan serta kemampuan.

Selamat berlibur bagi yang sedang libur, selamat beraktifitas bagi yang still beraktivitas. Salam hangat dari blogger madura Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Alhamdulillah Akhirnya Kelar Sudah Oprak Oprek Blog Ini, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Alhamdulillah Akhirnya Kelar Sudah Oprak Oprek Blog Ini. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Alhamdulillah Akhirnya Kelar Sudah Oprak Oprek Blog Ini dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

Posting Komentar