Memahami Duplicate Content dan How to Solve It?

Duplicate ContentMembahas masalah optimasi mesin pencari (SEO) tidak akan pernah ada habisnya, dan seakan sebagai webmasters tidak pernah puas dengan pencapaian yang telah diperoleh. Mencoba sesuatu hal yang lain yang belum pernah dilakukan sebelumnya semakin menambah penasaran dan menjadikan semakin tidak paham tentang optimasi web menembus Top Ranking 1 Google ataupun search engine yang lainnya.

Pada dasarnya target yang ingin dicapai oleh seorang webmasters dengan menerapkan berbagai teknik SEO on page maupun off page adalah popularitas blog dan konversi dari trafik menjadi penghasilan dalam upaya mengais rejeki melalui internet dengan berbagai metode online business maupun internet marketing melalui affiliate program dan lain sebagainya.

Dari perjalanan dan pengalaman selama belajar dan menerapkan optimasi blog, ada beberapa istilah yang dijumpai dan menjadi sebuah permasalahan atau kendala dalam proses optimasi. Crawl error, duplicate content dan lain sebagainya.

Sebenarnya apa yang dikatakan dengan Duplicate Content? Ada berbagai descripsi yang menjelaskan tentang definisi duplikat konten. Ada yang menafsirkan adalah kesamaan konten atau konten serupa dalam hasil pencarian mesin pencari yang memberikan definisi sama dari web yang berbeda.

Berdasarkan definisi tersebut, kasus berikut mungkin sebagai salah satu kejadian duplicate content.
Duplicate Result
3 Hasil teratas berasal dari CITRO MDURO dengan url berbeda, namun sepertinya memberikan definisi yang sama persis, sementara pada gambar yang diberi kotak merah berasal dari web yang sama sekali berbeda. Judul sama persis dengan hasil teratas dan sedikit persamaan pada description. Apakah ini yang dikatakan dengan duplicate content yang memberikan dampak negatif pada hasil optimasi? Silahkan bagikan opini anda melalui kotak komentar yang terbuka lebar.

Kita sangat sulit menghindari kesamaan hasil pencarian dengan url berbeda dari web yang berbeda pula, bisa jadi karena kegiatan plagiat, atau penyebab lainnya. Apakah perlu dipusingkan? Melarang orang lain memposting serupa dengan konten yang kita miliki? Sangat sulit diatasi.

Sebagai blogger yang selalu merasa pemula dalam masalah SEO serta kemampuan bahasa yang sangat sulit dipahami dalam share pengalaman dan informasi, hasil serupa dengan title dan description serupa pada SERP sepertinya bukan hal yang harus dipusingkan. Hasil serupa bukan masalah untuk keberhasilan optimasi. Yang menjadi permasalahan menurut saya adalah apabila adal laporan duplicate meta dari dalam blog itu sendiri. Sebagai tolak ukur atau tools yang dapat dipergunakan adalah google webmaster tools pada bagian menu pengoptimalan -->> penyempurnaan html.
CITRO MDURO
Jika terjadi permasalahan seperti pada gambar diatas, hal ini yang harus dihilangkan dan tidak ada laporan serupa terulang.

Bagaimana mengatasi masalah tersebut?

Dari percobaan yang dilakukan selama kurang lebih 6 bulan dan alhamdulillah hasil percobaan terakhir tidak ada lagi laporan duplicate meta description ataupun duplicate meta yang  lain.
No Duplicate
Trafik blog mengalami peningkatan yang lumayan drastis dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini merupakan prestasi pertama yang saya dapatkan dalam meningkatkan lalu lintas blog. Dengan platform gratisan dari blogspot, klik query mencapai angka diatas 1000 dengan tayangan diatas 10.000 berdasrkan laporan google webmasters tools.
Search Query

Kesimpulan:
Apapun platform yang dipergunakan, optimasi akan memberikan hasil yang baik jika dilakukan dengan serius dengan terus memperhatikan kesehatan blog melalui google webmasters. Temukan setting robots.txt yang tepat bagi blog anda untuk mengatasi duplicate content.

Ulasan diatas sekedar sharing sederhana dan bukan bermaksud pamer dari hasil yang tidak seberapa dibandingkan dengan para master, namun ini adalah hasil experimen terbaik yang saya dapatkan. Semoga memberikan manfaat dan mari kita terus semangat, keep smile, keep share and keep blogging.
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Memahami Duplicate Content dan How to Solve It?, ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar