Manusia Adalah Sebuah Super Computer

Berawal dari kegiatan mengajar kemaren materi teknik komputer dan jaringan. Terbersit sebuah ide untuk menulis dengan judul seperti yang sudah dituliskan diatas "Manusia Adalah Sebuah Super Computer".

Hal tersebut timbul setelah sedikit menjelaskan tentang hardware (Perangkat keras) dan sedikit tentang alur data pada processing data computer mulai dari input data, processing data, sampai menghasilkan output yang dapat dinikmati, serta pesatnya perkembangan industri teknologi yang terus bersaing dari masing-masing vendor untuk menciptakan perangkat dengan kemampuan yang luar biasa.

Disadari ataupun tidak, proses yang terjadi dalam kehidupan kita mulai dari memandang sebuah objek, menganalisa objek tersebut sehingga di dapat sebuah kesimpulan dari objek tersebut dapat juga dianalogikan dengan process dan alur data sebuah komputer, bahkan lebih hebat dari super computer sekalipun.

Banyak kejadian yang kita dengar, kita baca, kita lihat atau apapun yang seakan telah membutakan kita dan mengagumi kemajuan teknologi serta canggihnya perangkat yang dapat kita pergunakan. Telah membutakan kita bahwa sesungguhnya kita melebihi perangkat tercanggih yang ada di dunia ini. (Walau tidak semua manusia telah dibutakan teknoogi.

Manusia adalah Sebuah Super Computer. Jika komputer dilengkapi dengan pernagkat yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses data dalam hitungan detik, manusia juga memiliki super processor yang mengalahkan processor besutan intel core i10 sekalipun. Jika komputer memiliki RAM yang dapat menyimpan clipboard dengan kapasitas besar, tetap akan hilang clipboard tersebut jika komputer dimatikan ataupun ditindih dengan clipboard yang lainnya. Komputer hanya mampu menyimpan satu clipboard yang dapat dibawa kemana saja dalam waktu tertentu, namun memory yang dimiliki manusia dapat menyimpan clipboard semenjak manusia tersebut dapat melihat sebuah objek dan menganalisanya serta dapat dibuka lagi kapan saja meskipun ratusan, ribuah, bahkan jutaan clipboard yang sudah tersimpan.

Sebuah super computer memiliki ruang simpan yang besar, namun masih ada keterbatasan untuk menyimpan data. 1 Terra ataupun 10 Terra, namun kemampuan memory manusia melebihi kapasitas tersebut jauh diatasnya. Berapa terra harddisk yang dibutuhkan untuk menyimpan kenangan dalam perjalanan hidup manusia dalam usia 30 tahun berasal dari objek yang dilihat dan otomatis masuk dan tersimpan sebagai snapshot kehidupan, serta dapat diputar ulang tanpa membutuhkan media player untuk memainkannya, bahkan dengan mudah dapat diceritakan pada orang lain.

Manusia adalah super computer, memiliki kapasitas ROM yang luar biasa, Kapasitas RAM yang super besar, dan ruang simpan yang super luas jauh melebihi harddisk yang dimiliki oleh super computer tercanggih dan terhebat yang ada didunia.

Masihkah kita harus tercengang dengan perkembangan perangkat super canggih yang dihadirkan berbagai vendor untuk meraup keuntungan? Kapan waktu kita untuk tercengang dan mengagumi penciptaan diri kita yang memiliki kemampuan luar biasa melebihi perangkat tercanggih yang ada, melebihi super computer yang diciptakan manusia. Kapan kita akan merefresh memory kita untuk memberikan ruang simpan dan fresh application sehingga lebih tercengang dan kagum pada pencipta "Manusia Sebagai Super Computer".

Tulisan ini hanyalah ide yang timbul seketika waktu sedikit menjelaskan tentang komputer dan melakukan orat-oret pada selembar kertas dan menghasilkan tulisan ini. Semoga dengan tulisan ini dapat menjadikan penulis sebagai seorang yang selalu kagum dengan Penciptanya.
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Manusia Adalah Sebuah Super Computer, ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar