Gludug Nemor

Talk Less Do MorePernah mendengar lagu yang salah satu baitnya menyebutkan “Mendung Tak Berarti Hujan”. Jika belum pernah mendengar, silahkan cari lagunya dan didengarkan. Mendung memang tak selalu identik dengan akan turunnya hujan, begitu pula terkadang sinar mentari sedang terik tahu-tahu hujan mengguyur.

Gludug Nemor, mungkin istilah ini pernah di dengar bagi blogger yang mengerti bahasa Madura. Gludug Nemor atau gemuruh pada musim kemarau. Saat ini musim penghujan, sering terdengar suara gemuruh walau tak dapat dipastikan akan turunnya hujan. Menurut ilmu pengetahuan yang pernah say abaca dan semoga tidak salah ingat. Gemuruh (Gludug) disebabkan oleh loncatan api atau arus listrik dengan tegangan besar yang bermuatan positif menuju lawan kutub yaitu negative. Loncatan tersebut dapat menyebabkan suara yang mega dahsyat, bahkan sering kita melihat kilatan api yang seakan menyambar salah satu bagian bumi yang terlihat oleh mata. Itu mungkin yang dikatakan dengan kilat.

Gluduk (Gemuruh) tentu lain dengan petir (Kelap dalam bahasa Madura). Gluduk suaranya bergemuruh dan seakan bergerak dari satu titik ke titik lain, sementara KELAP seakan terpusat pada satu titik dengan suara yang begitu dahsyat.

Kembali pada istilah Gludug Nemor. Nemor atau kemarau, jarang bahkan dapat dikatakan tidak terjadi gludug. Gludug Nemor hanyalah sebuah istilah, dan jawaban tersebut saya temukan pada sebuah komentar update status salah satu sahabat, dan yang berkomentar adalah sesepuh blogger yang sangat saya hormati. Tentu sahabat sudah pada mengenal siapa beliau.

Gludug Nemor berarti hanya gemuruh yang menggelagar, tapi hujan dipastikan tidak akan turun (menurut kebiasaan), sehingga gludug nemor kerap diucapkan pada orang yang banyak bicara no action. Bisa jadi penulis blog ini adalah penyandang predikat tersebut, kebanyakan omong tapi no action, padahal menurut pesan sponsor Talk Less Do More.
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Gludug Nemor, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar