21 Jan 2016

Dari Mana Memulai SEO

Dari Mana Memulai SEOBerawal dari kesok pahaman mengenai SEO seolah sudah perfect mengenal SEO dengan berbagai pemahaman teori serta penerapan yang telah dilakukan. Padahal kenyataannya belum seberapa paham serta belum seberapa mengerti tentang Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari). Lagi pula kenapa juga harus mengoptimasi mesin pencari, sementara saya hanya pemilik blog, bukan pemilik mesin pencari. Entahlah ikut-ikutan saja dengan istilah tersebut dan sok paham saja dengan teknik SEO. Namun, sekalipun bukan seorang yang perfect dalam hal tersebut, tidak ada salahnya berbagi apa yang diketahui walaupun tidak terlalu paham, dan semoga memberikan manfaat bagi yang lain sebagai salah satu jawaban rasa penasaran terhadap apa itu SEO, bagaimana melakukannya, serta apa hasilnya?

Pertanyaan awal yang kerap ditemukan oleh blogger yang ingin belajar SEO adalah dari mana memulai SEO itu. Sama halnya dengan pengalaman pribadi waktu awal mengenal teknik optimasi mesin pencari agar tulisan itu berada pada halaman pertama hasil pencarian sebuah kata kunci. Loh kok Cuma sebuah kata kunci, sementara kata kunci yang ingin ditemukan oleh para pencari informasi itu berjibun dan beragam? Jangankan yang banyak, yang satu aja udah bikin kepala pusing untuk masuk top ranking google.

Oke kita lanjutkan pembahasannya biar tidak terlalu jauh mengelantur. Sebenarnya SEO itu simple. Dari mana memulainya? Sebagai langkah awal untuk memulai SEO, maka kita harus memulai kegiatan blogging. Membuat blog dan menulis konten. Blog dan konten merupakan modal awal untuk belajar SEO, jika tidak punya blog tentu akan lebih sulit untuk belajar.

Langkah selanjutnya adalah menjadikan blog kita dikenal mesin pencari seperti google, bing, ask, yahoo, dan lain sebagainya. Agar tidak terlalu bingung focus pada salah satu mesin pencari, dan google merupakan mesin pencari yang paling banyak dipergunakan. Setelah kita memiliki blog, menulis konten maka kita berusaha agar blog kita dikenal oleh mesin pencari. Paling tidak dengan mengetikkan url blog, ataupun url konten pada mesin telusur sudah memberikan hasil yang mengarah langsung pada blog kita.

Ada beberapa cara agar blog kita cepat dikenali mesin pencari (mendapatkan index search), antara lain dengan memanfaat fasilitas ping, google webmasters tools, dan mungkin masih banyak cara lain yang biasa dipergunakan oleh master. Percuma kita melakukan berbagai optimasi tapi pada kenyataannya blog kita tidak dikenal oleh mesin pencari. Namun pada dasarnya setting default dari sebuah blog adalah dikenal oleh mesin pencari, hanya permasalahan waktu seberapa lama blog itu untuk dapat ditemukan pada hasil penelusuran.

Tulisan ini bukanlah sebuah tutorial tentang SEO, karena memang sejatinya penulis bukanlah seorang pakar dalam SEO, hanya sekedar mengetahui bahwa SEO itu ada dan ingin menulis dengan judul yang berisikan kata SEO. Jika ada yang kurang berkenan, silahkan protes melalui kotak komentar yang ada walau mungkin saja sedang tertutup walau tidak selamanya. Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Dari Mana Memulai SEO, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Dari Mana Memulai SEO. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Dari Mana Memulai SEO dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

Posting Komentar